Home / AGENDA / [AGENDA] WORKSHOP DATA DRIVEN JOURNALISM 2017

[AGENDA] WORKSHOP DATA DRIVEN JOURNALISM 2017

Tema: Kesehatan dalam Kerangka Pelayanan Publik, Anggaran, dan Performa Pemerintah

AJI Indonesia melalui program CEGAH USAID akan menyelenggarakan program beasiswa bagi kalangan jurnalis untuk mendalami isu dan liputan tentang kesehatan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dalam meliput isu-isu kesehatan, serta mendorong adanya liputan media yang berkualitas dan beretika terkait isu kesehatan.

Program apakah ini?

Ini merupakan program peningkatan kapasitas jurnalis untuk memahami isu Kesehatan. Dalam program ini peserta mendapat kesempatan mengikuti workshop membuat liputan investigasi tentang isu Kesehatan di Indonesia menggunakan metode data driven journalism.

Siapa yang dapat menjadi peserta?

Jurnalis dari berbagai platform media (cetak/online, televisi, dan radio) dengan pengalaman kerja minimum 2 tahun. Prioritas diberikan kepada jurnalis dari wilayah Maluku Utara, Sumatera Utara, Jawa Timur, Banten-Jakarta-Jawa Barat, dan sekitarnya.

Program ini akan diberikan kepada 80 jurnalis terpilih.

Bagaimana cara menjadi peserta?

Untuk dapat menjadi peserta, rekan-rekan dapat mengisi dan mengirimkan formulir lamaran dan usulan liputan yang ada dalam Google Form ini: https://goo.gl/forms/mUHHBznCNleMHbUq2

Selambat-lambatnya tanggal 17 Februari 2017

Setelah terpilih menjadi peserta, anda akan diminta untuk mengirimkan CV terbaru dan surat rekomendasi dari editor untuk mengikuti kegiatan ini.

Bagaimana proses seleksi?

Seleksi dilakukan terhadap semua lamaran yang masuk. Prioritas diberikan kepada pelamar yang memberikan usulan liputan paling baik dan keterwakilan wilayah. Setiap pelamar akan menerima pemberitahuan mengenai terpilih atau tidaknya sebagai peraih beasiswa via email.

Apa kriteria usulan liputan terbaik?

1. Topik menyangkut kesehatan

2. Orisinal, mengangkat masalah-masalah yang belum dikupas media lain

3. Liputan menantang, namun tetap realistis

4. Menggunakan narasumber yang kredibel

5. Laporan dapat diselesaikan sebelum tenggat

Bagaimana proses setelah seleksi?

Peserta terpilih akan mengikuti workshop selama 3 hari di lokasi workshop yang dekat atau paling efisien transportasinya dengan daerah asalnya. Peserta akan mengisi formulir konfirmasi untuk pengaturan akomodasi dan transportasi.

Ada empat waktu dan tempat pelaksanaan workshop, sbb:

Workshop di Bandung akan diselenggarakan pada tanggal 24 – 26 Februari 2017
Workshop di Bojonegoro akan diselenggarakan pada tanggal 24 – 26 Februari 2017
Workshop di Medan akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 5 Maret 2017
Workshop di Ternate akan diselenggarakan pada tanggal 3 – 5 Maret 2017

Program ini akan menanggung biaya belajar selama dua hari termasuk material pendukung, akomodasi dan makan selama workshop berlangsung, transportasi dari kota asal ke lokasi workshop dan sebaliknya.

Setelah workshop, akan dipilih 15 orang atau tim untuk mendapatkan dukungan membuat liputan berdasarkan proposal yang diusulkan dan disepakati setelah workshop. Dukungan berupa pendampingan dari mentor yang kompeten dan biaya operasional liputan seperti biaya transportasi, tunjangan selama liputan, biaya komunikasi, atau materi yang mendukung proses liputan. Pagu biaya liputan maksimum Rp 15.000.000,- (lima belas juta rupiah) .

Perlu informasi lebih jelas?

Jika rekan-rekan membutuhkan informasi lebih jelas terkait topik ataupun informasi lainnya, silakan mengirim email ke: beasiswa.aji@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *