Home / PRESS RELEASE / Jurnalis Masa Kini Harus Punya Kemampuan Mengelola Data
Peserta Training Jurnalisme Data berlatih menggunakan berbagai tools untuk pengelolaan data.

Jurnalis Masa Kini Harus Punya Kemampuan Mengelola Data

MEDAN-Jurnalis harus memiliki kemampuan mengelola data terbuka (open data) terutama pada masa berita bohong (hoaks) bertebaran di ruang publik.

“Jurnalis harus memiliki kompetensi pengelolaan data. Mulai dari mencari, mengelola hingga visualisasi data. Tapi jangan kelola data dari lembaga yang punya rekam jejak buruk,” kata Bayu Wardhana dari Jurnalismedata.id saat Training Jurnalisme Data, Medan, Sabtu (25/5/2019).

Pada pelatihan ini belasan jurnalis di Medan diajak untuk memanfaatkan program Microsoft Excel dan Google Spreadsheet dalam mengolah data untuk mendukung kerja-kerja jurnalistik dan menghasilkan tulisan yang lebih berkualitas dan unggul dalam data.

Fasilitator Truly Okto Purba, mengajak peserta belajar tentang membersihkan data yang telah diambil dari berbagai situs dan kemudian  mengolah data tersebut.

Lewat materi yang kubawakan, peserta diarahkan untuk menggunakan berbagai rumus Excel untuk membersihkan dan mengolah data. Jika selama ini, Excel banyak dikenal lewat rumus umum seperti: SUM, IF, MIN, MAX dan AVERAGE, maka di training ini, dipelajari belasan rumus-rumus Excel lainnya.

Agar tampilan tulisan semakin menarik, maka data yang sudah bersih tersebut divisualisasikan dengan menggunakan program Datawrapper.

Bayu mengatakan, para jurnalis yang berminat untuk mempelajari jurnalisme data dan menggunakan informasi open data dapat mengikuti pelatihan secara online di jurnalismedata.id.

“Anda bisa belajar di jurnalismedata.id. Di sana sudah jelas, tinggal ikuti tahapannya,” katanya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *