Home / PRESS RELEASE / Pengumuman Pemenang Bank Sumut Journalism Award 2016

Pengumuman Pemenang Bank Sumut Journalism Award 2016

MEDAN | Setelah melalui proses penjurian yang ketat, Bank Sumut mengumumkan para pemenang lomba karya jurnalistik reportase interpretatif bertajuk Bank Sumut Journalism Award 2016, dalam acara media gathering dan apresiasi jurnalis, di Ballroom lantai 10, Kantor Pusat Bank Sumut, Jl Imam Bonjol No 18 Medan, Rabu (7/12/2016).

Pelaksana Pemimpin Bidang Public Relations PT Bank Sumut, Erwinsyah mengatakan, selain dalam rangka menyambut hari ulang tahun Bank Sumut yang ke-55, lomba karya jurnalistik ini digelar sebagai bentuk apresiasi kepada jurnalis dalam menciptakan karya reportase interpretatif yang bermutu.

“Reportase interpretatif merupakan pengungkapan peristiwa disertai usaha memberikan arti pada peristiwa tersebut dan menggali suatu berita secara mendalam. Dengan kata lain jurnalis mampu menyajikan interpretasi dan analisis berita melalui tulisan yang dihasilkannya dari proses reportase. Naskah tulisan para pemenang akan kita publikasikan dalam bentuk buku kumpulan reportase perbankan yang berkualitas dan dapat meningkatkan rasa optimisme publik,” kata Erwinsyah.

Erwinsyah menambahkan, ada empat tema tulisan reportase interpretatif yang dikompetisikan, yaitu 55 Tahun Bank Sumut: Menuju Transformasi BPD, Kontribusi Bank Sumut dalam Pengembangan Infrastruktur di Sumatera Utara, Kisah Sukses Usaha Mikro Kecil dan Peran Bank Sumut dalam Pemberdayaan UMKM, dan Tanggung Jawab Sosial (CSR) Bank Sumut.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan, yang telah bekerjasama dengan Bank Sumut dalam program Bank Sumut Journalist Academy, dan Bank Sumut siap untuk memberikan dukungan dalam program-program peningkatan kapasitas jurnalis seperti ini,” ujar Erwinsyah.

Sementara itu, Ketua AJI Medan, Agoez Perdana, menyambut baik lomba karya jurnalistik reportase interpretatif yang diadakan oleh Bank Sumut ini.

“Lomba ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan Bank Sumut Journalist Academy, hasil kerjasama Bank Sumut dengan AJI Medan, yang untuk tahun ini telah diadakan sebanyak dua angkatan. Kami berharap para jurnalis, terutama yang telah mengikuti Bank Sumut Journalist Academy dapat lebih mempertajam tulisan dalam isu perbankan dalam bentuk reportase interpretatif,” kata Agoez.

Adapun para pemenang lomba Bank Sumut Journalism Award 2016, yaitu Juara 1 Trully Okto Purba (Harian Tribun Medan), Juara 2 Daniel Pekuwali (Harian Medan Bisnis), Juara 3 Sri Wahyuni Nukman (Dunia Melancong). Kemudian, Juara Harapan 1 Liston Damanik (Harian Tribun Medan), Juara Harapan 2 Febryani Dian A. Putri (Bisnis Indonesia), dan Juara Harapan 3 Mahadi Dedi Sitanggang (Suarasiantar.com).

Juara pertama akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp6 juta, juara kedua mendapatkan hadiah uang tunai Rp4,5 juta, dan juara ketiga mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp3 juta. Sementara untuk juara harapan I akan mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp2 juta, juara harapan II mendapatkan hadiah uang tunai Rp1,5 juta, dan juara harapan III mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp1 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *